Bahaya Kurang Tidur dan Manfaat Tidur Buat Kesehatan

Berhubung aku kurang tidur semalam jadi ada ide buat cari artikel tentang ” Molor ” alias “  Tidur ” …….

Artikel pertama aku dapet dari Vivanews.com tentang bahayanya kurang tidur …

Bahaya Mengintai Jika Anda Kurang Tidur

Jika Anda tidur malam kurang dari enam jam dan mengalami gangguan tidur, maka Anda berpotensi 48 persen lebih besar terkena penyakit jantung. Dan Anda boleh jadi dapat mengalami stroke yang dapat mengakibatkan kematian

London (ANTARA News) – Ada baiknya sejenak berhikmat soal kesegaran dan kebugaran tubuh seputar dampak jika Anda kurang tidur. Selain badan kurang bugar, kurang tidur mengganggu konsentrasi kepada apa yang sedang dikerjakan dan dipelajari.

Sebuah hasil penelitian yang diterbitkan pada pekan ini menyatakan kurang tidur dapat membahayakan dan membuyarkan konsentrasi seseorang ketika melakukan pekerjaan apapun, sebagaimana dikutip dari laman Guardian.co.uk.

Para peneliti dari lembaga kesehatan Warwick yang menerbitkan laporan penelitiannya European Heart Journal” menyimpulkan bahwa pola tidur berkaitan dengan kondisi kesehatan manusia.

“Jika Anda tidur malam kurang dari enam jam dan mengalami gangguan tidur, maka Anda berpotensi 48 persen lebih besar terkena penyakit jantung. Dan Anda boleh jadi dapat mengalami stroke yang dapat mengakibatkan kematian ,” kata penulis laporan itu, Profesor Francesco Cappuccio.

Ia kemudian mencontohkan dampak dari kurang tidur yang memunculkan ketidaktepatan ketika mengambil keputusan-keputusan penting.

Malam hari, sebelum pesawat ruang angkasa Challenger mengangkasa saat penerbangan nahas pada akhir bulan Januari 1985, para pejabat dari lembaga penerbangan dan antariksa Amerika Serikat (NASA) menggelar pertemuan selama dua setengah jam bersama dengan para eksekutif dari perusahaan yang membuat roket pendorong.

Pokok bahasannya, salah satunya soal potensi kesalahan dari peristiwa mengenaskan itu. Pertemuan tersebut menyimpulkan bahwa penyebab kematian tujuh astronot itu yakni ketidaksiapan dari sejumlah manajer NASA ketika mengambil keputusan.

Dijelaskan juga, dua manajer NASA kedapatan menghabiskan waktu kerjanya selama 23 jam terus menerus, tanpa melewati waktu tidur yang cukup. Mereka hanya tidur tiga jam pada hari sebelumnya.

Contoh-contoh serupa juga ada saat terjadi bencana nuklir di Three Mile Island dan Chernobyl, serta peristiwa lingkungan hidup tumpahan minyak Exxon Valdez.

Profesor Jim Horne, Direktur Loughborough University dari Sleep Research Centre, mengatakan butuh waktu enam jam tidur malam agar tubuh bugar dan sehat.

“Tubuh Anda dapat bugar kembali setelah melewati tidur malam selama enam jam. Meski kebiasaan tidur seseorang dengan yang lainnya masih berbeda juga. Jangan juga cepat percaya bahwa kurang tidur dapat serta merta memicu serangan jantung dan terkena stroke. Kegelisahan inilah yang justru dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda,” katanya.

Sudahkan tidur malam Anda mencukupi agar beroleh kesehatan dan kebugaran tubuh?

sumber : vivanews.com

Bayangkan ternyata kurang tidur bisa membuat seseorang yang berada pada top level manajemen salah dalam mengambil keputusan dan dapat berakibat fatal pada keputusan yang diambilnya ….. berarti patah sudah slogan Mbah Surip yaitu ” kurangin tidur banyakin kopi ” 😀

Nah, artikel berikut mengenai manfaat tidur khususnya buat para wanita yang ingin awet muda seperti mba J-Lo ….. 😀

Kurang Tidur Bikin Gemuk & Cepat Tua

LONDON – Sekira 60 persen warga Inggris mengalami obesitas atau kegemukan. Hasil riset menunjukkan penyebab mereka gemuk bukanlah makan terlalu banyak atau kurang berolahraga melainkan karena kurang tidur.

Hasil studi yang dilakukan Dr Shahrad Taheri dari Birmingham Heartlands Hospital itu juga menemukan, kurang tidur menyebabkan seseorang nampak lebih tua dari usia sebenarnya.

“Kami telah melakukan serangkaian uji coba untuk meneliti hubungan antara berat badan dan lamanya waktu tidur, serta menganalisa tingkat metabolisme tubuh,” kata Taheri seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (19/2/2010).

“Dalam penelitian itu kami menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari tujuh jam semalam mengalami obesitas,” terangnya.

Lebih lanjut Taheri menjelaskan hasil temuannya bahwa mereka yang tidur kurang dari empat jam semalam berisiko 73 persen lebih rentan mengalami obesitas. Pasalnya, kurang tidur akan merangsang hormon nafsu makan.

Gangguan yang dialami ketika tidur bisa memicu nafsu makan berlebih, dengan asupan 900 kalori ekstra per harinya. Jumlah asupan ini bisa memicu penambahan berat badan sebanyak satu kilogram per minggu. Temuan ini juga menunjukkan bahwa meski seseorang tidak memiliki masalah berat badan sebelumnya, berat mereka akan bertambah seiring dengan pengurangan jam tidur.

Penelitian lain yang dilakukan Eve Van Cauter menyebutkan, gangguan tidur dapat mempengaruhi hormon yang berkaitan dengan proses penuaan dan beragam penyakit.

“Kekuarangan tidur tidak hanya membuat orang nampak lebih tua dari umur sebenarnya tetapi juga memperparah gangguan penyakit seperti diabetes, hipertensi, obesitas dan penurunan daya ingat,” kata Van Cauter.

Va Cauter memberi contoh, penyanyi Jennifer Lopez atau akrab disapa J-Lo mengklaim dirinya tidur delapan jam per malam. Hal Ini merupakan rahasianya tampil 10 tahun lebih muda dari usianya sebenarnya.

“Selama tidur, terjadi pembentukan sel-sel kulit baru. Karena itu, tidur yang cukup akan membuat Anda merasa dan terlihat sepuluh tahun lebih muda dari usia sebenarnya,” tandasnya.

sumber : okezone.com

Ingin cantik, seksi dan berbokong gede keq mba J-Lo silahkan banyakin tidur minimal 8 jam sehari (emang ngaruh gitu …. hehehee )

Semoga postingan ini bermanfaat bagi kawan2 semua ……. i-)

Related Search

Anda sedang membaca artikel tentang Bahaya Kurang Tidur dan Manfaat Tidur Buat Kesehatan. Silahkan baca artikel Be Log tentang Artikel, Kesehatan lainnya. Semoga bermanfaat ...

Kisah Tauladan, Imam Sufyan ats-Tsauri dan Anak Tukang Riba
Kisah Tauladan, Imam Sufyan ats-Tsauri dan Anak Tukang Riba
Sufyan Ats-Tsauri bernama lengkap Sufyan bin Sa’id
Kisah Tauladan Urwah bin Zubair
Kisah Tauladan Urwah bin Zubair
Berikut ini adalah kisah tauladan dari Urwah
Kisah Ibnu Ummi Maktum Sahabat Rasulullah Yang Buta
Kisah Ibnu Ummi Maktum Sahabat Rasulullah Yang Buta
Sahabat Rasulullah yang satu ini memang bukan

Top