freebitco.in

Hide Drive Di Windows 7 Tanpa Software

In Windows

Ada beberapa group Policy di windows 7 yang dapat dipergunakan untuk membatasi akses atau memblokir akses user pada drive tertentu di windows 7. Untuk mengaktifkan fitur ini mutlak diperlukan Windows 7 Professional, Ultimate atau Enterprise untuk versi lain bisa dilakukan secara manual melalui Windows Registry.

Jika seorang admin ingin membatasi user tertentu dalam windows 7 agar tidak bisa mengakses partisi tertentu dalam sebuah drive maka tidak dapat menggunakan perintah gpedit.msc karena perintah ini memberikan pembatasan secara global.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membatasi atau memblokir akses drive pada user tertentu di windows 7 :

1. Jalankan mmc.exe pada Run command dengan menggunakan user yang memiliki hak akses Administrator.

2. Klik File > Add or Remove Snapin

3. Pilih “Group Policy Object Editor” dan kemudian klik Add >

4. Sebuah windows akan muncul. Kemudian pilih Browse, pilih User tab dan pilih sebuah user ata group user. Disini personal username akan muncul sama seperti group user, ” Administrator ” atau ” Non Administrator “.

5. Klik Ok kemudian pilih Finish

6. Klik Ok di jendela dialog Add Snapin

7. Jika selesai lalu masuk ke User Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Explorer.

8. Cari Hide these specified drives in My Computer jika hanya ingin menyembunyikan drive dan mengijinkan user untuk tetap bisa mengakses aplikasi pada drive tersebut. Atau, pilih Prevent access to drives from My Computer untuk memblokir akses ke drive tersebut sehingga user tidak dapat mengakses dan membuka drive.

9. Setelah memilih salah satu opsi pada point 8 maka pada windows setting pilih opsi Enabled. Setelah diaktifkan kemudian pilih opsi untuk merestriksi drive, opsi berikut hanya muncul pada windows 7 :

  • A and B drives only
  • C drive only
  • D drive only
  • A, B and C drives only
  • A, B, C and D drives only
  • Restrict all drives
  • Do not restrict drives

10. Klik Ok

Windows 7 Group Policy

Setelah settingan ini selesai maka setiap kali user tersebut membuka windows tidak akan dapat melihat drive yang telah direstriksi.

Restriksi diatas tidak melulu diperuntukkan hanya menyembunyikan drive, jika melihat banyak opsi yang tersedia restriksi bisa dilakukan lebih dari sekedar menyembunyikan drive.

Untuk merestriksi partisi selain yang tersedia pada opsi tersebut diatas maka sebagai alternatif harus melakukan restriksi tersebut secara manual menggunakan Windows Registry. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka registry editor dengan hak administrator
  2. Pilih HKEY_USERS
  3. Pilih Load Hive dari menu File
  4. Arahkan ke folder user yang dimaksud, pada windows 7 biasanya C:usersusername
  5. Pilih NTUSER.DAT dalam kotak File name. File ini tersembunyi, jadi tidak akan muncul di kotak untuk memilih file. Untuk membukanya maka harus diketik. Pastikan untuk tidak memilih ntuser.dat.log secara tidak sengaja.
  6. Kemudian klik ok, dan masukkan nama key yang diinginkan. Kami menamainya Foo.
  7. Buka HKEY_USERSFooCurrentVersionPoliciesExplorer
  8. Buat argumen nilai 32-bit DWORD and beri nama NoDrives untuk menyembunyikan drive, atau NoViewOnDrive untuk memblokir akses ke drive.
  9. Nilai yang dimasukkan sangat tergantung pada drive mana yang ingin di restrik dan disini agak sedikit membingungkan. Setiap huruf, dimulai dengan Z dan terus sampai ke A, diwakili dengan nilai 1 (disabled) or 0 (enabled). Buat nilai ini dengan binary number, kemudian convert ke hexidecimal. Dan ini adalah nilai yang harus dimasukkan didalam kotak. Contoh, D adalah drive keempat dari kanan, dan semua yang disebelah kirinya diberi nilai 0, jadi susunan angkanya menjadi b1000, atau x08000000, jadi nilai yang dimasukkan adalah 08000000. Untuk menonaktifkan C dan D, maka susunan angkanya adalah b1100, atau x0c000000.
  10. Jika nilai tersebut sudah disimpan, arahkan kembali ke HKEY_USERS, pilih key yang tadi di load, dan kemudian klik File > Unload Hive. Hati-hati pada langkah ini!! Jika tidak melakukan langkah Unload Hive, maka user yang bersangkutan tidak dapat login secara normal.
  11. Tutup registry editor, kemudian restart komputer. Setelah restart maka settingan sudah mulai aktif.

Windows 7 Registry Editor

Semoga tutorial hide drive pada windows 7 ini dapat bermanfaat …. kurang lebihnya mohon maaf.

Related Search

Tags: #Windows Registry

Anda sedang membaca artikel tentang Hide Drive Di Windows 7 Tanpa Software. Silahkan baca artikel Be Log tentang Windows lainnya. Semoga bermanfaat ...

Cara Convert GPT to MBR
Cara Convert GPT to MBR
Secar default instalasi pada Windows 10 biasanya
Cara Mengatasi Ransomware dan Free Decryptor dari Eset dan Kaspersky
Cara Mengatasi Ransomware dan Free Decryptor dari Eset dan Kaspersky
Beberapa minggu belakangan ini pengguna Windows dihantui
Bypass Internet Positif
Bypass Internet Positif
Buat agan-agan yang sudah capek dengan Internet
Membuat Bootable USB Dengan YUMI (Your Universal Multiboot Installer)
Membuat Bootable USB Dengan YUMI (Your Universal Multiboot Installer)
Menggunakan Universal USB Installer sangatlah mudah. Setelah

Top