freebitco.in

Kontrol Kolesterol Dengan Belimbing

In Artikel, Kesehatan

Sebelumnya ” Selamat Hari Raya Idul Adha 1433H ” ….. Nah, seperti pada tahun-tahun sebelumnya, biasanya pada hari raya Idul Adha terjadi lonjakan dalam mengkonsumsi daging kambing maupun sapi. Seperti yang sudah di tulis di banyak artikel bahwa sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daging-dagingan terlalu banyak.

Mengkonsumsi daging terlalu banyak tentu saja akan mengganggu kesehatan yang mengakibatkan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Namun hal tersebut dapat dijaga dengan memakan buah Belimbing setelah mengkonsumsi daging, dengan melakukan hal tersebut kolesterol dapat sedikit terkontrol.

Bagaimana Belimbing atau carambola dapat mengontrol kadar kolesterol?? Menurut www.fooddietary.com, belimbing mengandung pectin yang bisa mengikat kolesterol jahat. Kandungan tersebut yang membuat belimbing diandalkan untuk menurunkan kolesterol. Seratnya yang tinggi juga membantu mencegah penyerapan kolesterol jahat di dalam usus.

Informasi yang dimuat dalam www.nutrition-and-you.com juga menyebutkan jika serat ini juga berfungsi untuk melindungi usus dari zat beracun yang bisa menyebabkan kanker usus. Selain itu, belimbing mengandung protein, mineral, kalsium, potassium, fosfor, vitamin A, B1 dan C. Kalorinya juga sangat rendah, karenanya dianjurkan untuk jadi buah yang dikonsumsi saat diet.

Sayangnya, belimbing tak direkomendasikan untuk dinikmati para penderita penyakit ginjal. Pasalnya, menurut nutritionatc.hawaii.edu, rasa asam belimbing berasal dari oxalate tinggi di dalamnya yang memberikan efek buruk bagi penderita penyakit ginjal.

Jauh akan lebih baik jika dapat mengurangi konsumsi daging, berikut adalah alasan mengapa tidak baik mengonsumsi daging terlalu banyak versi Live Strong :

1. Untuk Meningkatkan Kondisi Kesehatan
Diet yang kaya akan makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian akan meningkatkan kesehatan dan membantu mencegah penyakit. Makanan nabati kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral.

Selain itu, orang yang banyak mengonsumsi bahan nabati atau bahkan mejadi vegetarian sering berhasil menurunkan berat berat badan, berkurang asupan kalorinya dan menurun kadar kolesterolnya. Namun hal ini bukan berarti lantas sebaiknya menghilangkan menu daging dari konsumsi sehari-hari. Mengurangi konsumsi daging akan menurunkan risiko penyakit dan kematian.

2. Mengurangi Kadar Lemak Jenuh
Daging, terutama daging olahan seperti hot dog dan daging merah mengandung banyak lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Selain itu, risiko terserang penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung dan pembuluh darah akan meningkat. Mengurangi porsi daging dapat membantu mengurangi konsumsi lemak jenuh yang dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

3. Agar Lebih Banyak Makan Buah dan Sayuran
Mengurangi konsumsi daging akan menyebabkan konsumsi buah-buahan segar dan sayuran bertambah karena tubuh perlu sesuatu untuk dikonsumsi menggantikan daging. Memperbanyak persediaan buah dan sayuran segar akan dapat membantu mengurangi konsumsi daging.

 

Semoga artikel tentang kesehatan ini bermanfaat untuk kita semua …..

sumber : food.detik.com + health.detik.com

Related Search

Anda sedang membaca artikel tentang Kontrol Kolesterol Dengan Belimbing. Silahkan baca artikel Be Log tentang Artikel, Kesehatan lainnya. Semoga bermanfaat ...

Kisah Tauladan, Imam Sufyan ats-Tsauri dan Anak Tukang Riba
Kisah Tauladan, Imam Sufyan ats-Tsauri dan Anak Tukang Riba
Sufyan Ats-Tsauri bernama lengkap Sufyan bin Sa’id
Kisah Tauladan Urwah bin Zubair
Kisah Tauladan Urwah bin Zubair
Berikut ini adalah kisah tauladan dari Urwah
Dipisahkan Dengan Yang Salah
Dipisahkan Dengan Yang Salah
Air – wikipedia bahasa indonesia, ensiklopedia bebas,
Kisah Ibnu Ummi Maktum Sahabat Rasulullah Yang Buta
Kisah Ibnu Ummi Maktum Sahabat Rasulullah Yang Buta
Sahabat Rasulullah yang satu ini memang bukan

Top