Membuat Bootable USB Dengan YUMI (Your Universal Multiboot Installer)

Menggunakan Universal USB Installer sangatlah mudah. Setelah mendownload aplikasi YUMI (Your Universal Multiboot Installer), klik ganda untuk mulai menjalankannya. Klik tombol I Agree dengan lisensi penggunaan YUMI (Your Universal Multiboot Installer).

Gufron Rajo Kaciak

Di bagian Step 1, pilih USB flash drive yang akan dibuat menjadi booatable. Opsi Show All Drives akan menampilkan seluruh drive yang terpasang pada komputer, mulai dari hard disk sampai CD/DVD-ROM, dan sebaiknya tidak diaktifkan agar tidak salah dalam memilih drive yang digunakan oleh USB flash drive yang dicolokan ke komputer.

Gufron Rajo Kaciak

Setelah pemilihan USB flash drive, secara otomatis di bagian kanan Step 1 akan tampil 2 opsi, opsi View or Remove Installed Distros dan opsi Format Drive (Erase Content).

Gufron Rajo Kaciak

Opsi View or Remove Installed Distros berguna untuk melihat sistem operasi atau tool-tool yang sudah pernah diinstall pada USB flash drive dan jika dibutuhkan dapat menghapus sistem operasi atau tool-tool yang tidak diinginkan. Pada bagian Step 2, pilih sistem operasi atau tool yang akan dihapus.

Gufron Rajo Kaciak

Opsi Format Drive (Erase Content) digunakan untuk memerintahkan aplikasi memformat USB flash drive yang digunakan. Gunakan opsi ini hanya satu kali ketika pertama kali membuat USB bootable, agar USB flash drive dapat digunakan untuk booting. Karena itu, pastikan data-data yang ada dalam USB flash drive sudah di-backup. Untuk penambahan sistem operasi berikutnya, opsi ini jangan diaktifkan kembali.

Gufron Rajo Kaciak

Pada Step 2, pilih sistem operasi atau tool-tool yang akan ditambahkan ke dalam USB flash drive.

Gufron Rajo Kaciak

Pada Step 3, tekan tombol Browse untuk memilih file .iso sistem operasi atau tool yang akan ditambahkan tersebut. Selanjutnya tekan tombol Create untuk memulai proses pembuatan bootable USB flash drive.

Gufron Rajo Kaciak

Sebelum proses format dan penyalinan file dimulai, YUMI akan melakukan konfirmasi dan pemberitahuan proses yang akan dilakukan. Klik tombol Yes untuk memulai proses.

Gufron Rajo Kaciak

Selanjutnya proses format USB flash drive dimulai.

Gufron Rajo Kaciak

Selesai format, YUMI akan mulai menyalin file-file sistem operasi ke dalam USB flash drive.

Gufron Rajo Kaciak

Setelah proses format dan penyalinan file selesai, klik tombol Next.

Gufron Rajo Kaciak

Selanjutnya akan ditampilkan konfirmasi, apakah kita ingin menambah sistem operasi lain pada saat itu juga atau tidak. Penambahan sistem operasi atau tool-tool lain dapat dilakukan pada waktu berbeda.

Gufron Rajo Kaciak

Jika kita menekan tombol Yes, maka kita akan kembali ke langkah awal yaitu memilih flash disk. Jika kita menekan tombol No, maka proses pembuatan USB flash drive menjadi selesai. Tekan tombol Finish untuk keluar dari aplikasi.

Gufron Rajo Kaciak

Untuk menggunakan USB flash drive sebagai media instalasi, lakukan pengaturan pada BIOS agar device yang pertama dibaca saat booting (Boot devices priority) adalah USB flash drive.

 

Sumber: Gufron Rajo Kaciak: Cara Membuat Multi USB Bootable Dengan YUMI (Your Universal Multiboot Installer): http://dosen.gufron.com/tutorial/cara-membuat-multi-usb-bootable-dengan-yumi-your-u/21/

Related Search

Tags: #bios #bootable #USB #YUMI

Anda sedang membaca artikel tentang Membuat Bootable USB Dengan YUMI (Your Universal Multiboot Installer). Silahkan baca artikel blog.bodi.web.id tentang Tutorial, Windows lainnya. Semoga bermanfaat ...

Cara Convert GTP to MBR
Cara Convert GTP to MBR
Sebelum membahas mengenai cara convert GPT to
Menambahkan Swap Pada VPS Linux Debian
Menambahkan Swap Pada VPS Linux Debian
Mungkin tutorial ini sudah jamak di belantara
Cara Mengatasi Ransomware dan Free Decryptor dari Eset dan Kaspersky
Cara Mengatasi Ransomware dan Free Decryptor dari Eset dan Kaspersky
Beberapa minggu belakangan ini pengguna Windows dihantui
Restart Linux Service Ketika CPU Load Tinggi
Perkara High CPU Load adalah salah satu

Leave a reply "Membuat Bootable USB Dengan YUMI (Your Universal Multiboot Installer)"


Top