Esemka Bukti Geliat Industri Otomotif Di Indonesia

In Artikel, Techno 1089 views

Esemka Bukti Geliat Industri Otomotif Di IndonesiaEsemka saat ini menjadi salah satu berita hangat yang banyak diulas dibanyak media, sebenarnya apa siy Esemka itu? Esemka adalah mobil yang sebagian besar komponennya diproduksi didalam negeri khususnya oleh anak-anak SMK yang berada di kota Solo, Jawa Tengah.

Mobil Esemka buatan anak-anak SMKN Solo ini menjadi lebih dikenal oleh banyak orang setelah Walikota Solo Jokowi menggunakan mobil Esemka tersebut di berbagai aktivitas dinasnya. Mobil Esemka dari sisi desain maupun ketangguhan mesin tidak kalah dengan produk-produk buatan luar negeri namun memiliki kualitas yang prima dan tentu saja dengan harga terjangkau.

Menurutku sudah sepantasnya industri otomotif seperti Esemka atau yang serupa diapresiasi oleh pemerintah sehingga akan memberikan semangat kepada industri2 dalam negeri lainnya. Pemerintah patut berbangga karena putra2 bangsa dapat memberikan sesuatu yang bernilai bagi masyarakat yang kelak dapat dikenal diluar negeri.

Dibalik suksesnya mobil Kiat Esemka ternyata ada seorang Sukiyat sebagai penggagas dan sesekaligus fasilitator bagi anak-anak SMK. Seperti yang dicuplik dari Tribunnews berikut ini :

”Kami memang sengaja melibatkan anak-anak SMK supaya mereka bisa bekerja setelah lulus dari SMK. Dengan adanya keterlibatan mereka dan keberhasilan membuat sebuah mobil, diharapkan mereka bisa membuat mobil dan mendirikan sebuah perusahaan sendiri,” katanya.

Bengkel Kiat Motor di Jalan Klaten-Solo, Desa Ngaran, Kecamatan Ceper, telah berhasil memproduksi 10 mobil Kiat Esemka, termasuk dua unit yang dipakai Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Wali Kota Hadi Rudyatmo. Sedangkan saat ini, masih ada dua unit lagi yang sedang dikerjakan di bengkel tersebut.

“Untuk mobil pertama, bodinya dikerjakan siswa SMKN 1 Trucuk Klaten dan SMK Warga. Sedangkan komponen mesin oleh siswa SMKN 1 Jakarta, SMK Muhammadiyah Borobudur Magelang dan lainnya,” ucap pria yang menekuni usaha otomotif sejak tahun 1970-an itu.

Sejumlah SMK yang terlibat dalam pembuatan mobil jenis sport utility vehicle (SUV) itu adalah SMK Negeri 1 Trucuk, SMKN 2 Surakarta, SMK Warga Surakarta, SMKN 5 Surakarta, SMK Tengaran Salatiga, SMK Pati, SMK Kediri, SMK Madiun, SMK Ponorogo, SMK Wonogiri, SMK Salatiga, SMK Negeri 1 Jakarta, dan SMK Muhammadiyah Borobudur Magelang.

Related Search

Tags: #Kecamatan Ceper #Kiat Esemka #Mobil Esemka #SMKN

Kisah Tauladan, Imam Sufyan ats-Tsauri dan Anak Tukang Riba
Kisah Tauladan, Imam Sufyan ats-Tsauri dan Anak Tukang Riba
Sufyan Ats-Tsauri bernama lengkap Sufyan bin Sa’id
Kisah Tauladan Urwah bin Zubair
Kisah Tauladan Urwah bin Zubair
Berikut ini adalah kisah tauladan dari Urwah
Dipisahkan Dengan Yang Salah
Dipisahkan Dengan Yang Salah
Air – wikipedia bahasa indonesia, ensiklopedia bebas,
Kisah Ibnu Ummi Maktum Sahabat Rasulullah Yang Buta
Kisah Ibnu Ummi Maktum Sahabat Rasulullah Yang Buta
Sahabat Rasulullah yang satu ini memang bukan

Top