Free CDN

In Web 395 views
Free CDN,5 / 5 ( 1votes )

Free CDN – Apa siy CDN itu ?? Menurut Wikipedia CDN atau Content Delivery System adalah,

A content delivery network or content distribution network (CDN) is a system of computers containing copies of data placed at various nodes of a network.

When properly designed and implemented, a CDN can improve access to the data it caches by increasing access bandwidth and redundancy and reducing access latency. Data content types often cached in CDNs include web objects (text, graphics, URLs and scripts), downloadable objects (media files, software, documents), applications, live streaming media, and database queries.

Menurut beberapa referensi CDN dapat meningkatkan kecepatan akses user sampai dengan 60%, dapat mengurangi kebutuhan bandwidth server (khususnya untuk hosting dengan BW cekak 😀 ) dan mengurangi beban server. Mungkin untuk lebih mudahnya silahkan lihat gambar berikut ini :

Kenapa akses user bisa lebih cepat ?? jika melihat gambar disamping data yang diakses user akan diambilkan melalui server pada lokasi terdekatnya, namun itu semua sangat tergantung pada jaringan provider CDN. Semakin besar provider CDN maka semakin banyak pula titik jaringannya pada banyak lokasi yang tersebar di beberapa area.

Rata2 provider CDN membandrol harga diatas $50/month untuk setiap layanannya namun untuk para pecinta gratisan ga perlu khawatir karena ada pula layanan serupa yang gratis. Layanan seperti ini tentu saja sangat cocok untuk webmaster yang berhosting dan memiliki bandwidth yang relatif kecil namun memiliki visitor yang cukup banyak.

Wikipedia memberikan list provider CDN yang memberikan layanan gratis, seperti berikut ini :

Namun yang aku rasakan Cloudflare.com merupakan salah satu penyedia layanan yang lumayan mudah dalam penggunaannya, cukup dengan mengganti nameserver maka website sudah bisa menikmati layanan dari Cloudflare.com tersebut.

Blog bodi juga menggunakan layanan Cloudflare.com, dari yang aku perhatikan biasanya BW perhari bisa sampai kurang lebih 1gb tapi setelah menggunakan Cloudflare.com bisa turun hingga 50% dan resource server pun jadi berkurang sehingga beban server jadi lebih ringan.

Kurang lebih begitu share dariku, kalau ada yang kurang mohon maaf …. jika ada yang punya pengalaman mengenai hal2 seperti ini silahkan share disini.

Related Search

Tags: #BW #CDN #database #server


Hapus Post Lama di WordPress Melalui PHPMyadmin
Hapus Post Lama di WordPress Melalui PHPMyadmin
Sekelumit tentang perintah langsung di PHPMyadmin sudah
Bypass Internet Positif
Bypass Internet Positif
Buat agan-agan yang sudah capek dengan Internet
Redirect Artikel Pada Domain Lama Ke Domain Baru dengan .htaccess
Redirect Artikel Pada Domain Lama Ke Domain Baru dengan .htaccess
Caranya cukup simple, buat file .htaccess pada
Leverage browser caching for Nginx
Leverage browser caching for Nginx
Apa siy Leverage browser caching ? Ini penjelasan

Top