Gmail dengan domain pribadi

In Web

Sebenernya aku masih ragu dengan judul diatas, apakah tepat atau nggak. Ya sutralah lupain soal judul …. jadi pada intinya adalah kita membuat email account dengan engine berasal dari Gmail tetapi domain menggunakan domain kita pribadi, contohnya seperti boy@bodi.web.id email yang aku gunakan sekarang. Pada awalnya aku cukup penasaran dengan email account yang dimiliki Yutie, koq bisa email Gmail tapi domainnya bukan gmail. Nah, berawal dari keingintahuan itulah aku berusaha mencari tahu tempe gimana siy cara bikin anak tuh email.

Selain rasa ingin tahu itu, karena terkadang untuk account email yang dibuat dengan hosting biasanya memiliki space yang terbatas, kecuali account email beli yang lumayan gede storagenya dan gede juga duitnya … hehehee 😀 . Gmail juga terbatas, tapi dengan storage 2gb untuk ukuran email ya sudah lebih dari cukup menurutku. Dengan berdasarkan itu dan berdasarkan aku yang suka gratisan tapi dengan fasilitas yang cukup fantastis :D. Akhirnya setelah tanya kanan kiri atas bawah, cari sana sini sono … lah koq tiba2 ada yang ngasih tau …. makasih banyak buat Slacxer atas infonya.

Ok …… jadi begindang ….. yang harus anda siapkan adalah tentu saja domain dan akses ke cpanel. Anggap anda sudah memiliki semua itu, sekarang tinggal menghubungkan domain yang anda punya dengan Gmail. Ikuti langkah2 berikut ini, siapkan camilan dan minuman … hehehee 😀

1. Untuk langkah pertama silahkan klik link google ini, hingga muncul tampilan seperti dibawah ini.

2. Kemudian klik Sign Up atau kalo mau baca2 informasi seputar pendaftaran ini silahkan klik Learn more …..

3. Setelah klik Sign up maka akan muncul halaman baru, disini akan diminta mengisikan login gmail jika belum memilikinya silahkan mendaftar dulu.

4. Setelah memasukan login maka anda diminta lagi untuk mengisi data2 yang diperlukan oleh Gmail.

5. Setelah data dimasukan maka sekarang diminta untuk memasukkan login dan password untuk primary emailnya.

6. Semua sudah diisi …. sip, sekarang tinggal memilih layanan apa yang akan digunakan. Pada halaman dibawah ini terdapat 5 pilihan layanan yang akan diberikan google. Pilih 1, 2 ato semuanya juga ga masalah.

7. Setelah layanannya dipilih selanjutnya akan muncul halaman yang menunjukkan status dari layanan yang dipilih. Jika domain yang dimasukkan benar biasanya status untuk layanan Start Page langsung aktif.

9. Nah, sekarang klik activate email untuk menghubungkan antara Gmail dengan domain pribadi yang dimiliki. Setelah klik activate maka akan muncul halaman seperti dibawah ini, dimana google akan meminta untuk mengarahkan Mail Exchanger (MX) pada google dengan MX hosting.

berikut ini adalah MX server address google yang akan dimasukkan dalam MX pada hosting. Untuk mengubah MX, pada hosting yang aku pakai dapat ditemui pada menu Mail >> Modify Mail Exchanger (MX Entry) . Kalau tidak ditemukan coba cari dulu di google.com 😛

10. Setelah MX disesuaikan maka pada halaman status Email akan muncul keterangan Updating…. This may tak up to 48 hours to complete. Jangan percaya dengan status itu …. karena aku sendiri ga sampe 48 jam nunggunya kalau ga salah kurang dari 1 jam waktu itu.

11. Jika status Email sudah Running sekarang tinggal memilih alamat yang akan digunakan untuk mengakses halaman loginnya cukup klik Customize URL hingga muncul halaman seperti dibawah ini.

Jika pilih default, ga perlu lagi mengubah atau menambah apa2 lagi di hosting. Tapi kalau pilih Custom maka perlu untuk mengubah Cname pada hosting. Nah, untuk Cname ini terus terang aku ga nemu di hosting yang aku pake sekarang ini, jadi aku sekarang ini hanya me-redirect subdomainku ke url yang default.

Untuk Cname nanti ada petunjuknya seperti gambar dibawah ini.

12. Tergantung anda memilih yang mana, pilih yang default tanpa mengubah Cname atau memilih custom yang mengharuskan untuk mengubah Cname . Jika sudah dipilih maka tinggal mengakses halaman loginnya, dalam kasus ini aku menggunakan url default yang sudah aku redirect ke subdomainku, contohnya mail.bodi.web.id seperti tampak dalam gambar dibawah ini.

13. Masukkan login password dan eennnnggg….iiinnnngggg….eeeennnngggg ….. akhirnya bisa punya Gmail dengan domain sendiri ….. :D/

Terima kasih buat Slacxer atas infonya, Yutie atas rasa penasarannya ;))

Oh iya … misalkan ada yang kurang atau ada yang salah dengan postingan ini segera saja ajukan keberatan, aku terbuka untuk semua saran dan kritik. Makasih. 🙂

Related Search

Anda sedang membaca artikel tentang Gmail dengan domain pribadi. Silahkan baca artikel Be Log tentang Web lainnya. Semoga bermanfaat ...

Hapus Post Lama di WordPress Melalui PHPMyadmin
Hapus Post Lama di WordPress Melalui PHPMyadmin
Sekelumit tentang perintah langsung di PHPMyadmin sudah
Bypass Internet Positif
Bypass Internet Positif
Buat agan-agan yang sudah capek dengan Internet
Redirect Artikel Pada Domain Lama Ke Domain Baru dengan .htaccess
Redirect Artikel Pada Domain Lama Ke Domain Baru dengan .htaccess
Caranya cukup simple, buat file .htaccess pada
Leverage browser caching for Nginx
Leverage browser caching for Nginx
Apa siy Leverage browser caching ? Ini penjelasan

Top