Kemenag luncurkan aplikasi manasik haji untuk smartphone

In Techno 1187 views

Jakarta (ANTARA News) – Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan aplikasi manasik haji dan umroh untuk perangkat smartphone guna memudahkan jamaah melaksanakan ibadah di Tanah Suci, yang pada tahun ini kloter pertama akan diberangkatkan pada 1 September.

Aplikasi yang merupakan kerjasama Kemenag dan Pusat Kajian Hadis tersebut secara resmis dapat diunduh secara gratis di perangkat Android mulai Jumat.

Aplikasi tersebut dapat dikatakan adalah bentuk digital dari buku manasik terbitan Kemenag yang memang dibagikan secara gratis kepada jamaah haji.

Aplikasi cukup komplit
sebagai panduan bagi jamaah haji, apalagi dilengkapi dengan gambar dan audio. Aplikasi antara lain berisi bab besar mengenai Ketentuan dan Hikmah Haji/Umrah, Pelaksanaan Manasik Haji dan Umrah, Prosedur Perjalanan Ibadah Haji dan Umrah, Doa dan Dzikir, Tanya Jawab Manasik Haji dan Umrah.

Tidak hanya melulu ibadah, aplikasi itu juga menyajikan informasi mengenai tempat ziarah di Tanah Suci.

Di dalam bab besar tersebut masih ada sub bab lagi. Sebagai contoh, bab Pelaksanaan Manasik Haji dan Umrah, masih dibagi lagi menjadi tiga sub bab yakni menganai Haji Tamattu, Haji Ifrad dan Haji Qiran.

Namun saat dicoba di smartphone merek lokal, aplikasi tersebut belum berjalan dengan lancar. Saat masuk ke artikel atau materi, seringkali tidak bisa melakukan “back” atau mundur satu langkah ke belakang. Pengguna harus kembali lagi ke menu
utama jika ingin melihat artikel lainnya.(*)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2014

Related Search

Tags: #android #aplikasi #berita #gadget #Haji Qiran #handphone #Pelaksanaan Manasik Haji #Tanah Suci #teknologi

Himax adakan penjualan Polymer Octa Core sesi kedua
Jakarta (ANTARA News) – Permintaan smartphone Himax
Xshot, smartphone andalan Vivo di Indonesia
Jakarta (ANTARA News) – Merek asal Tiongkok,
Ponsel Himax Pure III dijual eksklusif di Lazada
Jakarta (ANTARA News) – Ponsel Himax Pure
Aplikasi haji Kemenag di android makin lengkap
Makkah (ANTARA News) – Kementerian Agama melakukan

Top