Membuat RSS Feed Full Text dengan Yahoo Pipes Versi 1.0

In Web 355 views

Yahoo! Pipe adalah sebuah aplikasi web dari Yahoo! yang menyediakan antarmuka grafis bagi pengguna untuk membangun mashup data yang mengumpulkan feed web, halaman web, dan layanan lain, membuat aplikasi berbasis web dari berbagai sumber, dan menerbitkan applikasi mereka. Aplikasi bekerja dengan memungkinkan pengguna untuk mem”pipe” informasi dari sumber yang berbeda dan kemudian membuat aturan bagaimana suatu konten harus diubah (misalnya, penyaringan).

Setelah mengetahui sedikit gambaran mengenai Yahoo Pipes maka saatnya untuk memulai trik sederhana bagaimana cara menjadikan RSS Feed yang summary menjadi full text melalui Yahoo Pipes.

1. Langkah pertama, kita login ke akun Yahoo Pipes. Atau kalo belum punya akun Yahoo Pipes inilah saatnya untuk gabung di sini http://pipes.Yahoo.com/pipes/ dan siapkan alamat RSS Feed yang akan kita pake. Contohnya sebagai percobaan kita pake feed situs ini http://w3.easyseotips.net/.

2. Setelah LOGIN, kita klik tombol “create pipe” yang ada di paling atas.

tampilan awal yahoo pipes : pipes editor.

3. Nongol tuh area “pipes editor” (lihat gambar di atas). Perhatikan pipes editor di gambar. Lihat di bagian kiri pipes editor. Yang ada di bagian kiri itu adalah library area yang berisi modul2 bawaan Yahoo Pipes yang bisa kita pake nanti, kalo kita klik modul tersebut maka akan ada penjelasan modul tersebut di bagian bawahnya. Kemudian di bagian tengah yang kanvas tempat modul yang dipake di drag. Di bawah kanvas adalah debugger area (tempat kita melihat hasil kerjaan pipe kita).

4. Module2 pokok yang bisa kita pake dalam trik menjadikan RSS Feed Full Text yaitu Modul Fetch Feed (sub sources), Loop (sub operators) + Fetch Data (sub sources). Cukup tiga modul utama itu aja! Dikit ya.

5. Drag modul fetch Feed ke area canvas. Masukkan RSS Feed yang akan dipake di kotak pengisian modul tersebut. Untuk melihat hasil sementara klik modul tersebut sehingga berwarna orange. Lihat hasilnya di debugger area. Kalo bisa terlihat berarti teruskan jika tidak terlihat feed itu lebih baik hentikan ganti dengan feed yang laen. Alasan kenapa feed ada yang terlihat atau tidak di debugger area adalah beberapa situs/ blog membolehkan atau tidak feednya dipake oleh Yahoo Pipes. Kalo kagak bisa akan muncul tulisan kayak gini “could not parse Feed from: hxxp://*****“. Nah loh gimana kalo kagak bisa? Seperti ane bilang tadi kalo kagak bisa hentikan, tapi…ssst ane punya jurus laen yang akan ane bongkar di tutorial lanjutannya.

6. Kita pake feednya hxxp://w3.easyseotips.net/ yang beralamat di hxxp://w3.easyseotips.net/feed. Masukin alamat feed hxxp://w3.easyseotips.net/feed di kotak URL module Fetch Feed, terus refresh dibagian debugger area. ta….muncullah artikel summary dari feed tersebut.

7. Setelah itu tambah modul Loop (sub operators) dengan mendrag ke canvas area. sekarang drag lagi modul Fetch Page (sub Sources) ke dalam/ ke tengah modul loop yang tadi kita drag. Lalu hubungkan items (bulat berwarna biru di modul) di bawah modul Fetch Feed ke atas items yang ada di atas modul loop. Tunggu sebentar biar update dulu. Di kotak modul Fetch Data rubah isinya ke item.link , terus pilih tombol di modul loop ke assign first result to item.description. Di modul loop masih ada yang harus dikerjakan (sedikit lagi) yaitu mengisi cut content from to . Ini yang penting agar bisa membuat feed full text.

8. Coba buka lagi feed hxxp://w3.easyseotips.net/feed di tab yang baru. Klik title link yang mana aja. Setelah kebuka alamat asli artikel tersebut klik kanan view page source. Terus copy kata-kata pertama artikel itu dan buuka pencarian di page source dengan kata-kata itu. Ternyata isi artikel tersebut ada di bawah

, coba copykan

ke cut content from __________. Ulangi copykan kata-kata akhir artikel dan lakukan pencarian di page source dengan kata-kata terakhir artikel yang kita copy. Dah ketemu akhir artikel di page source dekat tulisan ini dan coba copykan ke cut content from

to . Sekarang refresh lagi debugger area. Lihat hasilnya apakah udah berhasil ato belum di bagian description. Ternyata saudara2 sekarang udah berhasil membuat feed summary menjadi full text.

9. Sebagai langkah terakhir hubungkan items di bawah modul loop dengan items di atas modul Pipe Output. Save hasil kerjaan kita. Terakhir Run Pipe untuk melihat hasil kerjaan anda. Selamat sekarang kita telah menguasai sedikit teknik memakai Yahoo Pipes untuk membuat feed summary menjadi full text. Mantap.

TIPS: kadangkala artikel setelah memakai cara diatas masih ada artikel yang belum full text, solusinya lakukan lagi langkah no. 8 agar semua artikel menjadi full text.

sumber : adsense-id

Related Search

Tags: #aplikasi #artikel #Fetch Data #Yahoo Pipes


Hapus Post Lama di WordPress Melalui PHPMyadmin
Hapus Post Lama di WordPress Melalui PHPMyadmin
Sekelumit tentang perintah langsung di PHPMyadmin sudah
Bypass Internet Positif
Bypass Internet Positif
Buat agan-agan yang sudah capek dengan Internet
Redirect Artikel Pada Domain Lama Ke Domain Baru dengan .htaccess
Redirect Artikel Pada Domain Lama Ke Domain Baru dengan .htaccess
Caranya cukup simple, buat file .htaccess pada
Leverage browser caching for Nginx
Leverage browser caching for Nginx
Apa siy Leverage browser caching ? Ini penjelasan

Top