Mengenal iPad Air 2

In Techno 574 views

Cupertino, Amerika Serikat (ANTARA News) – Apple yang tengah menghadapi persaingan keras di pasar komputer tablet, Kamis waktu AS, meluncurkan iPad model terbarunya yang dilengkapi sistem pembayaran mobile dan sensor fingerprint yang biasa digunakan pada iPhone.

Di markas besarnya di Cupertino, California, Apple mengungkapkan bahwa sistem pembayaran mobile yang disebut Apple Pay itu akan operasional Senin pekan depan atau Selasa WIB dengan lebih banyak lagi bank dan merchant yang terlibat.

Raksasa IT yang berusaha angkuh lagi di pasar tablet yang kini didominasi platform Android itu mengatakan bahwa iPad Air 2 ini lebih tipis dari tablet-tablet pesaingnya, dengan graphic power yang telah diupgrade, selain dilengkapi fitur-fitur lainnya.

Tidak seperti pada smartphone, para pemilik tablet cenderung bertahan memiliki perangkat ini untuk tiga tahun lebih, dan ini mendorong para produsen meluncurkan produk dengan inovasi yang menginspirasi upgrade.

“Saya tak menganggap ini berdampak pada pasar tablet secara umum, namun yang pasti akibatnya adalah jumlah tablet Aplle akan meningkat,” kata analis Creative Strategies Tim Bajarin.

Dengan ketebalan 6,1 milimeter, atau 0,24 inchi, Apple menggadang-gadangkan iPad Air 2 adalah 18 persen lebih tipis dibandingkan dengan pendahulunya dan diklaim sebagai tablet paling tipis di dunia.

“Saking tipisnya Anda bisa menumpuk dua tablet ini, tetapi tetap masih lebih tipis dibandingkan dengan iPad lama,” kata wakil presiden Apple Phil Schiller.

Tablet berbodi alumunium ini menggunakan prosesor baru A8X dan didukung baterai berdurasi hidup sampai 10 jam. Beratnya hanya 435 gram dan memiliki dua kamera kembar yang mampu memproduksi video definisi tinggi.

Tablet baru ini dinyawai prosesor yang lebih kuat yang memberikan grafis lebih lincah, masa hidup bateri yang lebih panjang, dan Touch ID, sistem unlock fingerprint yang sudah diperkenalkan Apple tahun lalu pada iPhone.

Apple juga sudah mengupgrade tabletnya yang lebih kecil yang bernama iPad Mini 3 yang juga akan memiliki sistem Touch ID.

Harganya dibandrol mulai 399 dolar AS untuk iPad mini baru, dan 499 dolar AS untuk iPad Air 2. Apple akan memangkas harga untuk model iPad yang saat ini ada.

Bos Apple Tim Cook mengatakan lebih dari 225 juta iPad terjual dalam empat tahun sejak pertama diluncurkan.

Namun di pasar tablet, perangkat-perangkat murah berplatform Android adalah rajanya.  Sedangkan Samsung mendominasi pasar gadget yang dinyawai sistem operasi tak berbayar buatan Google ini.

Menurut Strategy Analytics, Android menguasai 70 persen pasar tablet selama triwulan kedua, sedangkan Apple menguasai 25 persen.

Cook mengatakan sistem Apple Pay yang memungkinkan pengguna iPhone dan iPad menekan perangkatnya untuk membayar penjual, telah mendorong bertambahnya partisipan.

“Sejak bulan lalu kami sudah menjalin kesepakatan dengan 500 bank,” kata dia.

Apple Pay sudah menjalin kesepakatan dengan para pemroses pembayaran seperti Visa dan MasterCard, selain juga dengan waralaba-waralaba seperti Macy’s, Sports Authority, Toys R Us, Staples dan Whole Foods Markets.

Apple juga telah mengumumkan sistem operasi OS X berjuluk Yosemite kini sudah tersedia dalam versi upgrade gratis untuk para pengguna Mac.

Sistem baru ini termasuk fitur bernama “handoff” yang bisa membuat orang berpindah antar perangkat Apple sambil tetap melakukan tugas seperti menulis email.

Pada bidang desktop, Apple mengenalkan komputer iMac berlayar 27-inchi yang dilengkapi kualitas gambar yang lebih baik dibandingkan televisi HD dan sebuah mini Mac upgrade dengan harga lebih murah.

“Sebenarnya saya mengira pengawal perhelatan ini adalah iMac baru,” kata Bajarin yang menyatakan performa yang ditawarkan pada hara 2.500 dolar AS itu sebagai “pengubah permainan” mengingat kuatnya basis Apple di kalangan profesional industri video dan foto.

Apple mengatakan November nanti akan merilis kit untuk pengembang pihak ketiga guna menjahit aplikasi-aplikasi untuk Apple Watch yang akan mulai dijual tahun depan, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2014

Related Search

Tags: #android #Apple Pay #berita #gadget #handphone #Sedangkan Samsung #Sports Authority #teknologi #Whole Foods Markets

Himax adakan penjualan Polymer Octa Core sesi kedua
Jakarta (ANTARA News) – Permintaan smartphone Himax
Xshot, smartphone andalan Vivo di Indonesia
Jakarta (ANTARA News) – Merek asal Tiongkok,
Ponsel Himax Pure III dijual eksklusif di Lazada
Jakarta (ANTARA News) – Ponsel Himax Pure
Aplikasi haji Kemenag di android makin lengkap
Makkah (ANTARA News) – Kementerian Agama melakukan

Top