Menjalankan Perintah Pada Background Linux

In Linux 1355 views

Menjalankan Perintah Pada Background Linux – Ga akan ada habisnya jika bermain-main dengan Linux CLI (Command Line Interface) selalu menemukan sesuatu yang baru. Biasanya Linux CLI digunakan sebagai Proxy Server atau bahkan Router tergantung niat dan tujuan masing2 user 😀 . Ok, stop ngelanturnya ….

Beberapa waktu belakangan aku sempet kebingungan bagaimana menjalankan aplikasi atau script pada background linux. Untuk masuk ke Linux CLI biasanya dilakukan secara remote via SSH, jika kita mengeksekusi perintah atau script dan kemudian jendela SSH kita tutup yang terjadi biasanya perintah tersebut ikut dihentikan oleh system.

Untuk running di background script biasanya disisipkan -b atau & diakhir perintahnya, misal sudo test.sh -b atau sudo test.sh & tapi tetap saja jika jendela remote ditutup perintah baru saja dijalankan pasti akan dihentikan oleh system  ~x( .

Cara mengatasi masalah tersebut sebenarnya Linux sudah menyediakan pilihan perintah lain yaitu at dengan perintah ini aplikasi dapat dijalan secara background dan proses tidak dihentikan system meski jendela remote ditutup. Berikut contoh penggunaannya :

at -f test.sh now

perintah diatas akan mengeksekusi file test.sh saat itu juga tanpa ada delay

atau

at -f test.sh 6pm

perintah diatas akan mengeksekusi file test.sh pada pukul 6 sore keesokkan harinya jika perintah tersebut dieksekusi setelah pukul 6 sore hari ini.

Perintah at hanya bisa digunakan untuk file script yang berekstensi .sh jika ingin digunakan pada aplikasi yang memiliki perintah penyerta (misal: ./abcfr yukjalan.r) ada baiknya membuat dulu file script .sh sehingga yang dieksekusi menggunakan at adalah file script tersebut.

Gunakan perintah vi namafile.sh kemudian isi dengan baris seperti dibawah ini :

#!/bin/sh

cd /tempat/folder/file
./yukahyuk gakmau.r

 

kalo ada salah2 mohon koreksinya ….. :)>-

mungkin segitu dulu sharingnya …. semoga bermanfaat 😀

Related Search

Tags: #SSH

Install Pi-Hole DNS Blokir Iklan dan Tracker
Install Pi-Hole DNS Blokir Iklan dan Tracker
Pi-Hole merupakan salah satu pelindung user internet
Migrasi VPS Panel dari Tuxlite ke VestaCP
Migrasi VPS Panel dari Tuxlite ke VestaCP
Setelah sekian lama menggunakan Tuxlite akhirnya diputuskan
Upgrade PHP 5.6 ke PHP 7.0 Nginx Debian Jessie
Upgrade PHP 5.6 ke PHP 7.0 Nginx Debian Jessie
Sebetulnya sudah agak lama warning untuk upgrade
Mengatasi LetsEncrypt Invalid Response Acme-Challenge
Terkadang pada saat proses renewal Certs Letsencrypt

Top