Penyebab Tewasnya Marco Simoncelli

In Artikel, Olahraga 422 views

Penyebab Tewasnya Simoncelli – Terlepasnya helm AGV pembalap MotoGP Marco Simoncelli di sirkuit Sepang, Malaysia (23/10/2011) ternyata masih menjadi misteri sampai saat ini. Belum ada pihak yang bisa menjelaskan kenapa helm yang memiliki sertifikasi FIM yang khusus digunakan untuk balapan bisa terlepas.

Belum ada jawaban yang pasti dari pihak MotoGP, karena peristiwa terlepasnya helm Marco Simoncelli masih diinvestigasi oleh pihak MotoGP.

“Saya bisa saja menjawab pertanyaan Anda lain kali. Tapi yang pasti kami tegaskan kalau penyelidikan menyeluruh mengenai kejadian ini akan segera dilakukan,” tegas Paul Butler, Direksi Balapan MotoGP saat jumpa pers bersama Direksi MotoGP yang lain setelah kecelakaan itu terjadi, Minggu (23/10) di Malaysia.

Marco Simoncelli

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan helm tersebut terlepas, seperti yang dikutip melalui Tribunnews.com berikut ini :

Di sisi lain, ada juga pihak yang menilai penyebab meninggalnya pebalap berusia 24 tahun itu karena kesalahannya sendiri. Seperti dirilis Gazzetta.it, Selasa (25/10/2011), banyak pihak menyorot helm Super Sic yang lepas sebagai penyebab paling krusial. Ada dua kesalahan fatal yang dinilai menjadi faktor ‘pendukung’ lepasnya hel tersebut, yakni ‘kontur’ dan kebiasaan Super Sic dengan rambutnya yang kribo, plus tidak adanya saluran pengaman yang menghubungkan antara punggung, leher dan kepala bagian belakang.

Semua itu membuat cengkraman helm tidak maksimal, dan masih membuat ruang kosong di dalam, sehingga ada kelonggaran. Analisis yang dilakukan Gassetta.it  mengungkapkan, karakter helm buatan AGV yang digunakan Simoncelli punya daya lengket yang luar biasa terhadap kepala.

Namun semuanya tidak berjalan maksimal andai saja ada faktor yang berada di luar kemampuan si helm sendiri, terutama bentuk rambut. Rambut ini sangat penting, karena lapisan di bagian atas, yang bersentuhan dengan rambut, punya daya tekan maksimal untuk tidak memberi ruang kosong di helm. Sayang, hal itu sia-sia jika sang pemakai memiliki rambut gondrong yang cenderung kribo.

 

Baca juga : SimonCelli Meninggal Dalam MotoGP Sepang Malaysia, Marco Simoncelli Diberi Penghormatan Terakhir Oleh Rekan-rekannya Di MotoGP

Related Search

Tags: #AGV #Malaysia #Marco Simoncelli #Super Sic


Kisah Tauladan, Imam Sufyan ats-Tsauri dan Anak Tukang Riba
Kisah Tauladan, Imam Sufyan ats-Tsauri dan Anak Tukang Riba
Sufyan Ats-Tsauri bernama lengkap Sufyan bin Sa’id
Kisah Tauladan Urwah bin Zubair
Kisah Tauladan Urwah bin Zubair
Berikut ini adalah kisah tauladan dari Urwah
Dipisahkan Dengan Yang Salah
Dipisahkan Dengan Yang Salah
Air – wikipedia bahasa indonesia, ensiklopedia bebas,
Kisah Ibnu Ummi Maktum Sahabat Rasulullah Yang Buta
Kisah Ibnu Ummi Maktum Sahabat Rasulullah Yang Buta
Sahabat Rasulullah yang satu ini memang bukan

Top