Sedikit Tentang Plagiarisme

In Artikel, Celoteh, Showbiz 723 views

Sebelum berbicara lebih jauh mungkin perlu tahu sedikit definisi mengenai Plagiarisme :

Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Di dunia pendidikan, pelaku plagiarisme dapat mendapat hukuman berat seperti dikeluarkan dari sekolah/universitas. Pelaku plagiat disebut sebagai plagiator.

sumber : wikipedia.org

Belakangan ini di beberapa media online sedang marak dibahas mengenai ” Plagiarisme ” terutama yang belakangan dibahas adalah mengenai 3 bocah yang jago di bidang TI.

Aku ga perlu bahas lebih dalam lagi mengenai 3 bocah tersebut karena Anda bisa membacanya disini, diblog tersebut membahas cukup jelas mengenai ke-3 bocah tersebut.

Nah, kenapa aku membahas ini ….. karena tiba2 saja diblogku ini ada link menuju situs salingsapa.com yang awalnya aku juga ga tau apa yang dibahas. Setelah aku ikuti ternyata cukup ramai dibahas masalah lisensi JCow dan kebetulan di blogku ini ada tutorial singkat mengenai JCow.

Ok lah …. kita tinggal sejenak mengenai 3 bocah tersebut, baru sore ini aku melihat sinetron baru yang berjudul ” SuperGirl ” yang diperankan Manohara Odelia Pinot. Setelah menonton sinetron iseng2 ngenet, eh … ternyata menemukan artikel terkait dengan sinetron tersebut, berikut artikelnya :

Kostum ‘Supergirl’ Manohara Dituding Jiplak Tokoh Komik Marvel

Jakarta Aktris Manohara Odelia Pinot siap beraksi menjadi pahlawan super di sinetron terbarunya yang berjudul ‘Supergirl’. Namun kostum yang digunakan Mano dituding menjiplak karakter komik Marvel.

Dalam sinetron produksi Soraya Intercine Film itu, Mano mengenakan kostum ketat berwarna merah dan bersayap. Di bagian depan kostumnya terdapat corak berwarna emas.

Ia juga mengenakan topeng untuk menutup bagian mukanya. Dalam sebuah forum internet penggemar Marvel, kostum Mano dituding menjiplak salah satu karakter komik Marvel.

Namun hal tersebut dibantah pihak production house ‘Supergirl’. Menurut mereka, kostum yang digunakan Mano memang terinspirasi dari karakter komik Marvel, namun bukan menjiplak.

“Memang kiblat dari sana, kalau dibilang hampir sama, iya. Tapi tidak semua sama, rambut beda, sepatu juga beda, warnanya beda, jadi bukan mencontek,” jelas PR Promotion Soraya Intercine Film, Dewi Yulia Razif kepada detikhot, Sabtu (12/2/2011).

Menurut Dewi, cerita dalam sinetron ‘Supergirl’ juga hasil tim kreatif mereka. Bagaimana jika pihak Marvel keberatan dengan kostum ‘Supergirl’ Manohara?

“Kostum itu kan identik dengan ‘Supergirl’, kalau diganti nanti jadi beda. Mungkin nanti bisa berubah warna kalau ada yang keberatan. Nanti disesuaikan dengan ceritanya, berkat kekuatan supernya, kostum tersebut berubah warna. Itu bisa saja,” tutupnya.

sumber : detikhot.com

Ini gambar2 tokoh Marvel yang ternyata bernama ” Spider Woman ” yang kostumnya mirip ” SuperGirl “-nya Manohara.

Wah sedih juga ya …. ternyata ada praktek2 plagiarisme di Indonesia, sebegitu protesnya Kita pada saat kebudayaan2 kita diakui oleh bangsa lain …. tapi kenapa justru ada sebagian orang diantara kita yang melakukan hal yang sama.

Tulisan ini hanya ungkapan semata tanpa bermaksud untuk memojokkan pihak2 tertentu …… piss :)>-

Related Search

Tags: #Indonesia


matahariku
matahariku
pada sisi tergelapku aku berharap selalu bahwa
tiada
tiada
aku tak menggenggam apapun aku tak memiliki
kau
kau adalah puisi indah yang terukir lembut
bayangmu
bayangmu
entah mengapa …. malam menghantarkan bayang wajahmu

Top