Serangan Kumbang Tomcat Meluas Hingga Yogyakarta

In Artikel, Kesehatan 714 views

Kumbang Tomcat Meluas Hingga Yogyakarta. Beberapa hari belakangan sangat marak berita mengenai serangan kumbang Tomcat khususnya di daerah Surabaya. Namun belakangan serangan kumbang Tomcat ini telah masuk ke daerah Yogyakarta tepatnya RT 48 RW 07 Celeban Baru Kelurahan Tahunan Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta (sumber: Tribunnews.com).

Sebanyak 12 warga dari 9 kepala keluarga yang tinggal di gang Sidorukun terkena penyakit kulit yang cirinya sama dengan gigitan serangga kumbang Tomcat.

Masriati (32) seorang warga wilayah setempat mengatakan sejak seminggu kemarin keluarganya mengalami penyakit kulit. “Awalnya perih, panas lama-lama seperti gosong. Saya, suami dan dua anak mengalami hal yang sama,” katanya, Rabu (21/3/2012). (sumber: Tribunnews.com)

sumber: Tribunnews.com

Serangan kumbang Tomcat ini menurut beberapa ahli karena habitat aslinya yang mulai berkurang sehingga kumbang Tomcat tersebut berusaha untuk mencari habitat baru. Kumbang Tomcat yang masuk dalam genus Paederus mulai merebak karena pada musim hujan atau musim panen padi kumbang Tomcat tersebut telah memasuki fase dewasa atau imago sehingga ketika habitatnya terganggu dia akan terbang untuk mencari habitat yang baru.

Kumbang Tomcat sangat tertarik dengan daerah yang terang dan lembab, sehingga pada saat terbang mencari habitat baru itulah kumbang Tomcat akan berhenti pada daerah2 tersebut. Pada kasus yang terjadi serangan kumbang Tomcat terjadi pada kawasan apartemen yang terang di Surabaya.

Serangan Kumbang Tomcat Meluas Hingga Yogyakarta

Hewan yang biasa memakan serangga lain yang masih dalam tahap telur atau nimfa ini sebenarnya tidak menggigit atau menyengat namun hanya mengeluarkan cairan racun jika kumbang Tomcat ini merasa terganggu. Tomcat memiliki kepala berwarna hitam serta dada dan perut yang berwarna oranye. Ukuran tomcatlebih kurang 1 cm dengan sayap yang tak menutupi seluruh abdomen. Jika tomcat hinggap di kulit, tak perlu memencetnya. Serangga ini cukup dihalau dengan tiupan atau kertas. Pencetan justru membuat serangga mengeluarkan cairan racun.

Related Search

Tags: #anak #berita #RW

Kisah Tauladan, Imam Sufyan ats-Tsauri dan Anak Tukang Riba
Kisah Tauladan, Imam Sufyan ats-Tsauri dan Anak Tukang Riba
Sufyan Ats-Tsauri bernama lengkap Sufyan bin Sa’id
Kisah Tauladan Urwah bin Zubair
Kisah Tauladan Urwah bin Zubair
Berikut ini adalah kisah tauladan dari Urwah
Dipisahkan Dengan Yang Salah
Dipisahkan Dengan Yang Salah
Air – wikipedia bahasa indonesia, ensiklopedia bebas,
Kisah Ibnu Ummi Maktum Sahabat Rasulullah Yang Buta
Kisah Ibnu Ummi Maktum Sahabat Rasulullah Yang Buta
Sahabat Rasulullah yang satu ini memang bukan

Top