Sesuatu yang ruar biasa dibalik launching Tour de Djokdja

In Celoteh 1113 views

Tanggal 12 Desember kami (CahAndong -red) mendapat undangan dari pihak YogYes untuk menghadiri acara launching Tour de Djokdja. Aku pribadi setelah membaca susunan acaranya sempat membayangkan suasana yang formal, tapi setelah aku duduk di acara itu ternyata oh ternyata…. Suasana formal yang semula aku bayangkan bakal terjadi itu langsung pupus seketika apalagi acara tersebut dibawakan oleh pak Nukman Luthfi (nara sumber -red) dengan gayanya yang nyantai dan penuh canda. Pak Nukman ini adalah salah seorang yang ikut merintis situs detik.com mulai dari nol hingga menjadi besar seperti sekarang, tapi beliau kini sudah tidak menempati posisi lagi di detik.com.

Pada acara launching ini pak Nukman mengupas mengenai bagaimana berbisnis dengan menggunakan media internet. Untuk memulai bisnis harus dimulai dengan sebuah konsep yang matang yang berorientasi pada pelanggan. Tapi kemudian muncul tantangan, bisnis yang dibangun ini menggunakan internet sebagai media promosinya lalu bagaimana cara melayani pelanggan, bagaimana memberikan kepercayaan pada pelanggan (sesuatu yang ingin aku tanyakan kemaren … tapi ga cukup waktunya hiks), bagaimana cara menarik pelanggan, apa yang harus disediakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan lain sebagainya.

Secara keselurahan dari penjelasan pak Nukman yang sederhana dan cukup gamblang itu …. aku menangkap bahwa untuk memulai bisnis itu tidak selalu diawali dengan sesuatu yang bernilai besar baik infrastruktur, sumber daya, maupun modal. Yang menjadi prioritas adalah konsep awal bisnis itu sendiri …. itu yang menentukan kelak apakah akan jatuh atau akan bertahan. Beliau mencontohkan detik.com yang pada awalnya hanya memiliki komputer dengan spesifikasi yang cukup, bahkan sumber daya manusianya pada waktu itu tidak menguasai web sama sekali. Hanya berbekal konsep yang matang dan keinginan untuk terus belajar jadilah detik.com seperti yang sekarang.

Ya kira2 itu yang disampaikan kemaren … selain tips dan triknya khusus dari pak Nukman. 

Terimakasih buat mas Agus "YogYes" yang udah ngasih kesempatan kepada kami untuk mengikuti acara launching Tour de Djokdja. Bener2 bagus deh mas acaranya kemaren terutama makanannya … 😀 sukses buat YogYes-nya. Setelah lama menunggu akhirnya dapet kaosnya juga …. :D/

Quote of the day: " Kesuksesan tidak selalu diawali dengan sesuatu yang besar, namun dengan kesederhanaan dan disertai ketekunan maka kesuksesan akan jauh lebih mudah dicapai "

 

Related Search

Februari
Februari
Rinduku membuncah diawal Februari Bayangmu kembali selintas
sabar
waktu akan berpihak pada yang sabar dan
tentang kita
tentang kita
ketika semua rindu yang tertahan kulepas perlahan
Hujan
Hujan
hujan adalah seperti desah rinduyang kubisikan perlahan

Top