Tips Mengatasi Gatal Karena Ulat Bulu

In Artikel, Kesehatan 1221 views

Setelah beberapa daerah terkena hama ulat bulu, efek sampingnya pasti gatal2 yang dirasakan oleh beberapa warganya. Nah, berikut beberapa cara untuk mengatasi gatal2 karena ulat bulu.

Tips Mengobati Gatal Akibat Ulat Bulu

Serangan ulat bulu yang menyerang beberapa Kecamatan di Probolinggo Jawa Timur, telah membuat heboh masyarakat Indonesia. Mungkin kebanyakan dari kita sudah banyak yang tahu tentang ulat bulu, hewan ini sering kita temui diranting-ranting pohon dan dedaunan. Meski kecil dengan bulu yang lembut, namun bila tersentuh kulit dapat mengakibatkan gatal-gatal yang bisa menjalar keseluuh tubuh.

Untuk mengatasi rasa gatal yang disebabkan ulat Bulu, kita bisa mengambil beberapa biji rimbang. Rimbang ini kemudian dibelah dan digosok-gosokkan kebagian yang sakit, dan usahakan agar biji-biji kecil rimbang tetap menempel di bagian yang sakit.

Setelah itu tunggu sampai beberapa menit. Biasanya akan sembuh dalam beberapa menit. Begitulah kira-kira kegunaan rimbang ini. Dapat menawarkan racun yang mengakibatkan gatal-gatal pada kulit yang tersentuh ulat Bulu. Obat ini sering dipergunakan masyarakat Tobing Tinggi, Madina.

sumber : tipsehat.net

 

Beberapa pekan ini kita dihebohkan dengan kabar kemunculan ulat bulu yang begitu banyak dibeberapa daerah di Indonesia, ulat bulu ini memang tidak terlalu membahayakan apalagi bisa menyebabkan kematian. Tetapi ulat bulu ini cukup mengganngu kenyamanan kegiatan kita sehari – hari, apalagi jumlahny mencapai ribuan bahkan jutaaan. Ditambah lagi jika ulat bulunya terkena kulit kita dan bisa menyebabkan gatal – gatal hingga kulit menjadi merah. Sampai hari ini berita di media elektronik mengabarkan kemunculan ulat bulu dibeberapa daerah di provinsi di Indonesia, seberti dibali dan dijawa barat terus bermunculan.

Nah… berdasarkan pengalaman saya, seingat saya waktu itu saya masih duduk dibangku smp. kebetulan didepan kelas juga terdapat pohon – pohon yang biasanya juga ada ulat bulunya. Pada suatu hari Dan tanpa sadar saya terkena ulat bulu tersebut saat bermain dbawah pohon tsbt, sehingga menyebabkan kulit saya gatal – gatal dan merah. Kemudian datang teman saya yang mengatakan bahwa untuk menghilangkan rasa gatal karena ulat bulu itu dioleskan saja air/getahnya dari batang labu. Kulit terluar batang labu itukan juga seperti ada bulu2nya itu, karena setahu saya apabila terkena bulu2 batang labu tersebut jg bisa menyebabkan rasa gatal. nah kulit terluarnya itu yg tipis berbulu dikupas terlebih dahulu, Setelah itu baru di oles – oleskan dengan cara memencet batang labu tersebut hingga getahnya keluar pada bagian kulit yang gatal. Sebenarnya Sayapun ragu2 untuk mencobanya, karena kebetulan dibelakang kantor kepala sekolah ada pohon labu yang tumbuh liar, sayapun mencoba mengoleskan air/getah dari batang labu itu pada kulit saya yg gatal. Dan ternyata setelah beberapa menit rasa gatalnya langsung hilang. Dan kejadian terkena gatal2 ini sering saya alami, Karena saya dan teman2 sering bermain dihutan dan disemak2 dibelakang rumah, sayapun menjadi langganan terkena gatal – gatal karena ulat bulu, dan sayapun selalu mengoleskan air/getah dari batang labu tersebut. Dan hasilnya memang ampuh. Langsung hilang rasa gatalnya.

Akhirnya saya merasa yakin, bahwa untuk mengatasi gatal-gatal karena ulat bulu obat yang paling ampuh adalah air/getah dari batang labu. Meskipun tanpa adanya penelitian secara ilmiah, saya tetap yakin hingga sekarang dg keampuhan batang labu itu. Munkin ada diantara kompasianer ingin mencobanya dan melakukan penelitian terhadap batang labu tersebut.

sumber : kesehatan.kompasiana.com

 

semoga bermanfaat …….

Related Search

Tags: #Indonesia

Kisah Tauladan, Imam Sufyan ats-Tsauri dan Anak Tukang Riba
Kisah Tauladan, Imam Sufyan ats-Tsauri dan Anak Tukang Riba
Sufyan Ats-Tsauri bernama lengkap Sufyan bin Sa’id
Kisah Tauladan Urwah bin Zubair
Kisah Tauladan Urwah bin Zubair
Berikut ini adalah kisah tauladan dari Urwah
Dipisahkan Dengan Yang Salah
Dipisahkan Dengan Yang Salah
Air – wikipedia bahasa indonesia, ensiklopedia bebas,
Kisah Ibnu Ummi Maktum Sahabat Rasulullah Yang Buta
Kisah Ibnu Ummi Maktum Sahabat Rasulullah Yang Buta
Sahabat Rasulullah yang satu ini memang bukan

Top